Tautan-tautan Akses

Puluhan Migran Tewas di Lepas Pantai Libya


Para imigran Afrika yang berusaha menuju Italia terlantar di sebuah padang pasir di Libya (3/5).

Para imigran Afrika yang berusaha menuju Italia terlantar di sebuah padang pasir di Libya (3/5).

Sedikitnya 36 tewas dan puluhan lainnya hilang setelah sebuah kapal yang membawa migran asal Afrika tenggelam di lepas pantai Libya akhir pekan ini.

Sedikitnya 36 orang tewas dan lebih dari 40 lainnya hilang setelah sebuah kapal yang membawa migran asal Afrika tenggelam di lepas pantai Libya akhir pekan ini. Dua puluh empat mayat telah ditemukan hari Minggu (11/5).

Pejabat-pejabat angkatan laut Libya mengatakan mereka berhasil menyelamatkan 52 orang dengan berbagai kewarganegaraan, sementara sedikitnya 40 lainnya masih hilang. Juru bicara angkatan laut Libya mengatakan bagian bawah kapal lepas beberapa saat setelah berlayar sehingga mengakibatkan tenggelamnya kapal itu.

Mereka yang selamat mengatakan kapal itu berisi 130 penumpang.

Menteri Dalam Negeri Libya hari Sabtu mengancam akan membantu para migran mencapai Eropa jika Uni Eropa tidak melakukan lebih banyak hal untuk membantu negaranya menangani masalah ini.

Banyak calon migran yang meninggalkan berbagai kota di sepanjang garis pantai Libya yang mencapai 1.600 kilometer, dengan harapan bisa menuju Malta atau Pulau Lampedusa di Italia.
XS
SM
MD
LG