Tautan-tautan Akses

Tim Belanda Angkut Puing Malaysia Airlines dari Ukraina


Puing-puing pesawat Malaysia Airlines MH17 diangkut dari kawasan Donetsk ke Kharkiv di Ukraina (20/11).

Puing-puing pesawat Malaysia Airlines MH17 diangkut dari kawasan Donetsk ke Kharkiv di Ukraina (20/11).

Tim penyelidik itu hari Minggu (23/11) mengirim potongan terakhir puing pesawat dari kota Kharkiv di Ukraina dengan kereta api ke Belanda.

Tim penyelidik kecelakaan udara Belanda telah menyelesaikan upaya mengumpulkan puing-puing reruntuhan pesawat penumpang Malaysia Airlines yang ditembak jatuh di atas wilayah Ukraina Timur yang dikuasai pemberontak empat bulan lalu.

Tim penyelidik itu hari Minggu (23/11) mengirim potongan terakhir puing pesawat itu dengan kereta api dari daerah yang dikuasai separatis pro-Rusia ke kota Kharkiv yang dikuasai pemerintah Ukraina. Dari lokasi itu, potongan puing pesawat itu akan dikirim ke Belanda dimana pihak berwenang sedang merekonstruksi pesawat itu sebagai bagian dari penyelidikan mereka.

Seluruh penumpang dan awak pesawat MH-17 yang berjumlah 298 orang dan sedang dalam perjalanan dari Amsterdam-Belanda menuju Kuala Lumpur-Malaysia tewas dalam kecelakaan itu. Dua per tiga dari jumlah penumpang itu adalah warga negara Belanda.

Pihak berwenang yakin pesawat itu ditembak jatuh oleh misil darat ke udara yang dipasok oleh Rusia dan ditembakkan dari wilayah yang dikuasai pemberontak. Rusia menyalahkan angkatan udara Ukraina sebagai pihak yang menembak jatuh pesawat penumpang itu.

XS
SM
MD
LG