Tautan-tautan Akses

AS

Psikiater Ternama Dunia, Robert Spitzer Tutup Usia


Columbia University di kota New York, AS (foto: Wikipedia). Dr. Robert Spitzer mengajar di Columbia University.

Columbia University di kota New York, AS (foto: Wikipedia). Dr. Robert Spitzer mengajar di Columbia University.

Dr. Robert Spitzer adalah psikiater yang berperan besar menciptakan standar untuk menentukan gangguan mental dan menghapus asumsi bahwa homoseksualitas adalah penyakit.

Dr. Robert Spitzer, psikiater yang berperan besar menciptakan standar untuk menentukan gangguan mental dan menghapus asumsi bahwa homoseksualitas adalah penyakit, meninggal hari Jumat (25/12) dalam usia 83 tahun.

Menurut istrinya, Prof. Emerita Janet Williams, yang juga dosen di Universitas Columbia, Spitzer meninggal karena gangguan jantung.

Analisa Spitzer pada beberapa edisi “Diagnostic & Statistical Manual of Mental Disorders” atau DSM mendefinisikan gangguan-gangguan utama “sehingga seluruh pakar di bidang itu sepakat atas apa yang mereka hadapi,” ujar Williams yang bekerjasama dengan Spitzer dalam DSM III, yang dipublikasikan tahun 1980 dan menjadi buku laris.

“Ini merupakan terobosan besar dalam profesi psikiater,” ujar Williams.

Spitzer berhasil mendefinisikan beberapa gangguan mental setelah mengadakan banyak pertemuan dengan para pakar setiap kategori diagnostik dan mencatat pengamatan mereka,” demikian tulis suratkabar the New York Times. [em]

Tunjukkan komentar

XS
SM
MD
LG