Tautan-tautan Akses

Pasca Insiden Tumpahan Minyak, Provinsi di Kanada Siapkan Pasokan Air


Lokasi provinsi Saskatchewan di Kanada - warna merah (Wikipedia).

Lokasi provinsi Saskatchewan di Kanada - warna merah (Wikipedia).

Pihak berwenang di Saskatchewan mempersiapkan lebih dari 35 ribu warga kota untuk menghadapi gangguan pasokan air setelah kebocoran pipa minyak mencemari sungai utama di propinsi itu.

Petugas Dewan Keamanan Air Saskatchewan, Sam Ferris mengatakan kota Prince Albert memperoleh sebagian besar pasokan air dari sungai North Saskatchewan dan para petugas kini sedang bersiap menutup pasokan air itu karena adanya cemaran minyak akibat kebocoran pipa.

Ferris mengatakan kota itu berencana menampung air hujan di tempat-tempat penampungan air yang ada, yang menurutnya bisa digunakan untuk kebutuhan selama tujuh hari ke depan.

Sekitar 200 hingga 250 ribu liter minyak mentah dan bahan-bahan lain mengalir ke sungai itu hari Kamis (21/7) akibat kebocoran di jalur pipa Husky Energy di dekat Maidstone, Saskatchewan.

Perusahaan itu menutup jalur tersebut dan mengalihkannya sebuah hulu sungai yang terletak sekitar 40 kilometer dari North Battleford, kota yang sudah terlebih dahulu menutup pasokan airnya. [em]

XS
SM
MD
LG