Tautan-tautan Akses

Provinsi China Larang Palang Salib di Atap Gereja


Umat Kristen di Zhejiang berdemo di depan gereja mereka memprotes upaya pemerintah menghancurkan bangunan tersebut. (Foto: dok.)

Umat Kristen di Zhejiang berdemo di depan gereja mereka memprotes upaya pemerintah menghancurkan bangunan tersebut. (Foto: dok.)

Pihak berwenang di sebuah provinsi China, Zhejiang, yang telah mencabut ratusan palang salib dari atap-atap gereja Protestan dan Katolik, mengusulkan larangan pemasangan simbol keagamaan di atap rumah-rumah ibadah.

Seperangkat rancangan peraturan bangunan keagamaan yang dikeluarkan oleh instansi pemerintah pekan ini menyebutkan salib-salib harus sepenuhnya ditempelkan pada dinding bangunan dan tidak boleh lebih dari sepersepuluh dari ketinggian dinding itu.

Rancangan tadi tidak memberikan alasan tentang proposal tersebut. Setelah disetujui, peraturan tadi akan memberikan kepada pihak berwenang dasar hukum untuk mencabut palang salib dari atap bangunan.

Pejabat propinsi Zhejiang telah mencabut palang-palang salib dari lebih dari 400 gereja sejak awal tahun 2014, kadang-kadang mengakibatkan bentrokan sengit dengan anggota jemaat. Mereka mengemukakan, palang salib melanggar peraturan bangunan, tetapi para pengeritik mengatakan bahwa kelompok-kelompok Kristen telah membuat Partai Komunis yang berkuasa, panik.

XS
SM
MD
LG