Tautan-tautan Akses

Protokol Kyoto akan Segera Kadaluwarsa Tanpa Kepastian akan Penggantinya


Protokol Kyoto yang ditandatangani pada tahun 1997, bertujuan mengurangi emisi karbondioksida dan gas rumah kaca.
Protokol Kyoto yang ditandatangani pada tahun 1997, bertujuan mengurangi emisi karbondioksida dan gas rumah kaca.

Banyak pengamat skeptis kesepakatan baru pengganti Protokol Kyoto akan tercapai pekan depan di Doha, Qatar.

Para delegasi dari 190 negara akan berkumpul di Doha guna mencapai kesepakatan baru dalam menghadapi pemanasan global, Protokol Kyoto yang ditandatangani tahun 1997 akan kadaluwarsa akhir tahun ini.

Protokol tersebut menetapkan sejumlah target mengikat bagi negara-negara maju untuk memangkas emisi gas rumah kaca rata-rata lima persen dari tingkat tahun 1990. Pada umumnya, target tersebut telah gagal, menurut Dieter Helm, profesor kebijakan energi pada Universitas Oxford.

“Protokol Kyoto secara umum tidak membuat perubahan apapun terkait peningkatan emisi global. Pada tahun 1990, emisi meningkat sekitar dua ppm, kini emisi naik pada tingkat sekitar tiga ppm," ujar Helm.

Helm mengatakan kelemahan utama Protokol Kyoto adalah karena hanya mencakup sebagian kecil dari total emisi dunia karena sebagian besar negara-negara Barat tidak lagi mengalami industrialisasi. “Kita harus mengenakan pajak atas konsumsi karbon, termasuk impor karbon. Dengan demikian, kita harus mengeluarkan biaya untuk emisi karbon di Barat dan di seluruh dunia.”

Meski emisi gas-gas berbahaya masih terus meningkat, Ruth Davis dari kelompok pelestarian alam Greenpeace mengatakan Protokol Kyoto tetap menjadi sarana yang penting.

“Berbagai prinsip yang ada di dalam Protokol Kyoto sangat penting dalam membuat kesepakatan internasional yang berfungsi," kata Davis. "Prinsip-prinsip itu terkait hal seperti penghitungan dan transparansi, sehingga sebuah negara dapat melihat apa yang dilakukan negara lain ketika menyatakan komitmennya.”

Sementara itu, demonstran menyuarakan kemarahan mereka pada KTT iklim lalu di Durban tahun 2011 karena para delegasi gagal mencapai kesepakatan pasca Kyoto dan hanya berjanji akan mengesahkan perjanjian hukum baru sebelum 2015.

Ukuran rapat-rapat dalam KTT saja telah membuat tercapainya konsensus hampir mustahil, menurut Heike Schroeder dari Universitas East Anglia.

“Negara-negara yang sangat kecil akan datang dengan tiga wakil. Somalia mengirim tiga wakil ke Kopenhagen, sementara Brazil mengirim hampir 600," ujar Schroeder. "Itu perbedaan yang sangat besar. Negara-negara kecil ini tidak secara nyata bisa menjadi bagian dari negosiasi yang berlangsung.”

Schroeder pesimistis KTT mendatang akan menghasilkan banyak hal. Dieter Helm dari Universitas Oxford juga memberi pandangan serupa. “Berdasarkan laju pertumbuhan sekarang, pada tahun 2020 ukuran Tiongkok dan India akan tumbuh dua kali lipat. Akan ada 400 hingga 600 gigawatt batubara baru di dunia dan kita akan melihat emisi global pada tingkat lebih dari 400 ppm,” kata Helm.

Para ilmuwan mengatakan pemanasan global telah berdampak. Bank Dunia bulan ini memperingatkan bahwa suhu dunia akan lebih hangat tiga hingga empat derajat Celsius pada akhir abad ke-21. Cuaca ekstrim, kata mereka, akan menjadi kondisi yang normal.
XS
SM
MD
LG