Tautan-tautan Akses

Protes Warga atas Perluasan Pabrik Petrokimia Berlanjut di Tiongkok


Warga di kota Ningbo, provinsi Zhejiange, Tiongkok kembali memrotes perluasan pabrik petrokimia untuk hari kedua (29/10).

Warga di kota Ningbo, provinsi Zhejiange, Tiongkok kembali memrotes perluasan pabrik petrokimia untuk hari kedua (29/10).

Bentrok antara polisi antihuru-hara bentrok dan para demonstran yang menentang sebuah pabrik bahan kimia di bagian timur Tiongkok memasuki hari kedua.

Protes hari Minggu di kota Ningbo, di provinsi Zhejiange, itu merupakan unjuk solidaritas dengan para demonstran yang ditangkap pada protes massal hari Sabtu. Para demonstran memprotes rencana perluasan sebuah pabrik petrokimia.

Seorang demonstran menyatakan pabrik itu membahayakan kesehatan masyarakat, karena 90 persen penduduk di sekitar pabrik itu akan menderita kanker dan anak-anak bakal terlahir cacat.

Pihak berwenang menyatakan belum mengambil keputusan mengenai rencana pabrik tersebut, tetapi hal itu tidak meredakan kemarahan warga yang menginginkan proyek itu dibatalkan.

Pihak berwenang Tiongkok juga menegaskan bahwa rencana proyek itu masih dalam tahap awal, tetapi besarnya protes selama dua hari terakhir menunjukkan bahwa masyarakat mencurigai klaim pemerintah tersebut.
XS
SM
MD
LG