Tautan-tautan Akses

Protes Tiongkok, Remaja Tibet Usia 18 Tahun Tewas Bakar Diri


Tsering Kyi, remaja perempuan Tibet usia 19 tahun yang membakar diri akhir pekan lalu.

Tsering Kyi, remaja perempuan Tibet usia 19 tahun yang membakar diri akhir pekan lalu.

Beberapa sumber di Tibet mengatakan aksi bakar diri kembali terjadi sebagai protes terhadap kebijakan pemerintah Tiongkok di wilayah Tibet.

Insiden terbaru ini melibatkan seorang remaja berusia 18 tahun yang tewas setelah membakar diri hari Senin.

Seorang juru bicara di sebuah biara Tibet di India Utara, Lobsang Yeshi mengatakan kepada VOA Siaran Bahasa Tibet, remaja yang bernama Dorjee tersebut, membakar diri di kota Ngaba di provinsi Sichuan.

Dia mengatakan pemuda itu berlari ketika dilalap api dari jembatan ke sebuah kantor Tiongkok lokal. Dia mengatakan Dorjee tewas di tempat. Pihak berwenang Tiongkok belum mengomentari laporan itu.

Sebelumnya, selama akhir pekan, dua perempuan Tibet lainnya melakukan aksi bakar diri, termasuk seorang ibu dari empat anak, dan seorang remaja berusia 19-tahun bernama Tsering Kyi.

Sedikitnya 25 orang di Tibet telah membakar diri sejak Maret tahun lalu untuk memprotes penindasan pemerintah Tiongkok terhadap kebudayaan dan agama di Tibet.

Para pejabat di Beijing telah mengutuk aksi bakar diri sebagai bentuk terorisme. Mereka menuduh pemimpin Tibet di pengasingan Dalai Lama mendukung mereka.

XS
SM
MD
LG