Tautan-tautan Akses

Protes Tandai HUT ke-54 Pemberontakan Tibet


Ratusan warga Tibet di Dharamsala, India melakukan unjuk rasa untuk memprotes pemberontakan terhadap kekuasaan China tahun 1959 yang gagal, Minggu (10/3).

Ratusan warga Tibet di Dharamsala, India melakukan unjuk rasa untuk memprotes pemberontakan terhadap kekuasaan China tahun 1959 yang gagal, Minggu (10/3).

Warga Tibet yang mengasingkan diri berdemonstrasi di seluruh Asia hari Minggu ini untuk merayakan ulang tahun ke-54 pemberontakan yang gagal terhadap kekuasaan China.

Di Dharamsala, India – lokasi pemerintahan Tibet di pengasingan - polisi mencegah seorang pria membakar diri sementara ratusan warga Tibet berkumpul untuk memprotes pemberontakan tahun 1959 yang tidak berhasil.

Lebih banyak lagi demonstrasi terhadap kekuasaan China di Tibet berlangsung di New Delhi dan Taiwan, di mana pengunjuk rasa berbaris secara damai melalui ibukota, Taipei.

Namun di Nepal, kehadiran polisi yang besar di Katmandu mencegah demonstran turun ke jalan. Sekitar 20.000 warga Tibet tinggal di Nepal, dan negara itu berada di bawah tekanan kuat dari Beijing terkait warga terbuang itu.

Lebih dari 100 orang Tibet telah melakukan aksi bakar diri sejak tahun 2009 untuk memprotes apa yang mereka katakan kekejaman pemerintah China yang meningkat. Sebagian besar bakar diri terjadi di kawasan China yang dihuni warga Tibet.

Dalam beberapa bulan terakhir, pemerintah meningkatkan taktik untuk mencegah protes, menahan dan memenjarakan orang-orang yang dikatakan telah menghasut kerusuhan.

China mempertahankan Tibet sebagai bagian dari wilayahnya selama berabad-abad, namun banyak orang Tibet mengatakan wilayah itu memiliki sejarah panjang mampu berfungsi independen.
XS
SM
MD
LG