Tautan-tautan Akses

Protes Serangan Drone, Pakistan Panggil Dubes AS


Para pendukung organisasi Islam Jamaat-ud-Dawa Islamic melancarkan aksi protes terkait serangan pesawat tanpa awak AS di Lahore, 1 November 2013 (Foto: dok).
Para pendukung organisasi Islam Jamaat-ud-Dawa Islamic melancarkan aksi protes terkait serangan pesawat tanpa awak AS di Lahore, 1 November 2013 (Foto: dok).

Pakistan telah memanggil duta besar Amerika untuk menyampaikan protes keras atas pembunuhan pemimpin Taliban Pakistan Hakimullah Mehsud dalam serangan pesawat tanpa awak Amerika (drone).

Menteri Dalam Negri Pakistan Chaudry Nisar Ali Khan, Sabtu (2/11) mengatakan serangan pesawat tanpa awak itu telah merongrong upaya pemerintah untuk merundingkan sebuah pengakhiran damai dari pemberontakan Taliban yang sudah berlangsung satu dekade

Khan mengatakan pemerintah juga telah mengambil beberapa keputusan aksi balasan lain tetapi enggan mengatakan apakah itu termasuk penangguhan konvoi pasokan yang melintasi Pakistan dan ditujukan untuk pasukan internasional pimpinan Amerika di Afghanistan.

Sebelumnya, politisi Pakistan dan bekas pemain cricket Imran Khan hari Sabtu menanggapi serangan pesawat tanpa awak itu dengan berjanji akan memblokir pasokan NATO dan melarangnya lewat provinsi Khyber Pakthunkhwa di sepanjang perbatasan Afghanistan.

Provinsi yang dikuasai partai politik Khan itu, merupakan rute utama untuk pasokan tentara NATO di Afghanistan.

Menteri Chaudry Nisar Ali Khan mengatakan delegasi pemerintah berencana untuk berbicara dengan Mehsud Jumat ketika serangan misil menghantam kompleks tempat tinggal Mehsud di Waziristan Utara.

Pejabat Pakistan dan Amerika mengkonfirmasi terbunuhnya Mehsud dalam serangan itu.
XS
SM
MD
LG