Tautan-tautan Akses

Protes Rusuh Atas Hilangnya Mahasiswa Berlanjut di Meksiko


Para pemrotes memegang bendera Meksiko dan potret mahasiswa yang hilang di luar Kedubes Meksiko di Bogota, 7 November 2014 (Foto: dok).

Para pemrotes memegang bendera Meksiko dan potret mahasiswa yang hilang di luar Kedubes Meksiko di Bogota, 7 November 2014 (Foto: dok).

​Para pemrotes menyulut kebakaran di sebuah gedung pemerintah di Meksiko selatan, hari Rabu, sementara berbagai aksi demonstrasi memprotes lenyapnya 43 mahasiswa terus berlanjut.

Pihak berwenang di Chilpancingo, ibukota negara bagian Guerrero, mengungkapkan, para demonstran membakar gedung parlemen, di mana para legislator mengadakan sidang rutin mereka. Mereka juga membakar gedung departemen pendidikan Guerrero.

Protes-protes masal merebak di seantero Meksiko sejak kelompok mahasiswa itu lenyap tanggal 26 September lalu di kota Iguala.

Jaksa Agung Meksiko Jesus Murillo mengutarakan, bukti-bukti mensinyalir, para mahasiswa itu ditangkap polisi setempat dan diserahkan kepada geng narkoba daerah itu, Guerreros Unidos.

Geng itu dicurigai telah membunuh mahasiswa-mahasiswa tadi, kemudian membakar mayat-mayat mereka dan membuang abu mereka ke sungai.

Puluhan orang telah ditahan sehubungan penculikan itu, termasuk para anggota geng Guerreros Unidos, lebih dari 20 polisi, dan walikota Iguala yang dipecat, bersama isterinya.

XS
SM
MD
LG