Tautan-tautan Akses

Protes Narapidana di Brazil Berakhir


Polisi Brazil berhasil menguasai aksi protes beberapa narapidana di kompleks penjara Aracaju, Brazil (foto ilustrasi: polisi Brazil).

Polisi Brazil berhasil menguasai aksi protes beberapa narapidana di kompleks penjara Aracaju, Brazil (foto ilustrasi: polisi Brazil).

Beberapa narapidana di Brazil hari Minggu (18/5) membebaskan empat penjaga penjara yang disandera di kota di kompleks penjara kota Aracaju.

Beberapa narapidana di Brazil hari Minggu (18/5) membebaskan empat penjaga penjara yang telah disandera selama lebih dari satu hari di sebuah rumah tahanan di kota Aracaju – Brazil.

Menurut Mauricio Lunes – komandan polisi militer di Sergipe – Aracaju, hampir 130 keluarga yang datang pada hari Sabtu untuk mengunjungi anggota keluarganya di penjara dan ikut disandera, juga telah diijinkan pulang.

Lunes mengatakan persetujuan otoritas berwenang untuk memindahkan beberapa narapidana ke penjara dengan pengamanan sangat ketat di Aracaju itu merupakan tuntutan utama dari para narapidana. Menurut Lunes kepada stasiun televisi Brazil Globo’s G1, aparat berhasil menguasai situasi sebelum meluas ke bagian lain. Dua petugas luka-luka akibat protes itu.

Kuasa hukum penjara kompleks penjara “Advogado Antonio Jacinto Filho” Sandra Melo – kepada Associated Press mengatakan – keluarga para narapidana tidak berada dalam kondisi terancam, tetapi mereka terjebak ketika para narapidana menguasai beberapa bagian penjara tersebut. Kompleks penjara ini dihuni 476 narapidana.

Ada sekitar 500 ribu narapidana di seluruh Brazil, yang ditahan di lebih dari 1.200 penjara dan jumlah ini terus meningkat. Tahun 2012 lalu beberapa narapidana di penjara yang sama menyandera 131 orang selama 26 jam, menuntut penyelidikan terhadap aksi pemukulan yang kerap dilakukan penjaga penjara.
XS
SM
MD
LG