Tautan-tautan Akses

Protes Langkah Penghematan, Wartawan Yunani Mogok Kerja


Seorang pria berjalan di depan pintu stasiun kereta api yang ditutup dalam aksi mogok 24 jam di wilayah Chalandri, Athena (Foto: dok).

Seorang pria berjalan di depan pintu stasiun kereta api yang ditutup dalam aksi mogok 24 jam di wilayah Chalandri, Athena (Foto: dok).

Wartawan Yunani melakukan pemogokan 24 jam, tidak melakukan penyiaran sehari sebelum dilancarkannya pemogokan umum secara nasional, menentang langkah-langkah penghematan amat ketat.

Stasiun-stasiun radio dan televisi Yunani tidak melakukan siaran berita, hari Rabu (26/11), dan situs-situs berita tidak diperbarui dari pukul 6 pagi. Surat-surat kabar juga tidak terbit untuk hari Kamis (17/11). Pemogokan hari Kamis itu diduga akan menghentikan berbagai pelayanan jasa di seluruh negeri.

Sekolah-sekolah akan tutup, rumah-rumah sakit hanya akan memberi pelayanan gawat-darurat, kapal-kapal dan pesawat terbang tidak akan beroperasi.

Serikat-serikat wartawan biasanya berhenti bekerja sehari sebelumnya supaya para jurnalis dapat meliput jalannya pemogokan umum. Yunani telah bergantung kepada milyaran euro dalam uluran dana talangan internasional sejak tahun 2010.

Sebagai imbalannya, pemerintah harus menerapkan pemotongan anggaran belanja sangat besar dan tingginya kenaikan pajak dalam upaya reformasi ekonomi.

XS
SM
MD
LG