Tautan-tautan Akses

Protes Kasta Rendah di India Memburuk dan Makan Korban Jiwa


Seorang perempuan menunggu untuk mengisi air di New Delhi, India, 21 Februari 2016.

Seorang perempuan menunggu untuk mengisi air di New Delhi, India, 21 Februari 2016.

Protes dengan kekerasan selama dua hari di India timur laut telah memburuk dan menjatuhkan korban jiwa dan menjerumuskan ibukota New Delhi ke dalam krisis persediaan air.

Negara bagian Haryana telah menjadi tempat demonstrasi selama seminggu oleh para anggota kasta Jat daerah pertanian pedesaan, yang menuntut tunjangan dari pemerintah federal dan negara bagian, termasuk jaminan pekerjaan dalam pemerintah dan masuk universitas. Protes itu berubah menjadi kekerasan hari Jumat, dimana demonstran membakar rumah-rumah dan stasiun kereta api, dan merusak peralatan dan pengangkutan air dari sebuah terusan di Haryana ke New Delhi.

Sepuluh orang tewas ketika polisi melepaskan tembakan terhadap pemrotes. Seratus lima puluh orang lagi luka-luka dalam berbagai bentrokan.

Gubernur New Delhi Arvind Kejriwal mengumumkan hari Minggu (21/2) bahwa air akan dijatah di seluruh kota itu, dan menutup sekolah-sekolah hari Senin untuk menghemat air.

India mempunyai kebijakan pengambilan tindakan yang bertujuan untuk menghentikan diskriminasi terhadap orang-orang dari kasta rendah di negara itu. [gp]

XS
SM
MD
LG