Tautan-tautan Akses

Protes Film Anti-Islam, Iran Tarik Filmnya dari Ajang Piala Oscar


Protes atas film anti-Islam di Tehran, Iran. (Foto: AP/Vahid Salemi)

Protes atas film anti-Islam di Tehran, Iran. (Foto: AP/Vahid Salemi)

Iran menarik filmnya dari ajang kompetisi Academy Awards sebagai protes terhadap film anti-Islam yang diproduksi di Amerika Serikat.

Pemerintah Iran mengumumkan bahwa mereka menarik filmnya dari ajang kompetisi Academy Awards, atau Piala Oscar, karena “penghinaan yang tak dapat ditoleransi” dari film anti-Islam yang diproduksi di Amerika Serikat dan telah membuat murka kaum Muslim di beberapa negara.

Panitia Oscar di Los Angeles mengatakan bahwa mereka belum mengetahui secara resmi keputusan tersebut dari pihak berwenang di Iran, setelah pengumuman di Tehran oleh Menteri Kebudayaan Mohammad Hosseini.

“Dengan resmi saya umumkan bahwa berdasarkan reaksi terhadap penghinaan yang tak dapat ditoleransi atas Nabi Besar Islam, kami akan mundur dari ajang Oscar tahun ini, dan kami meminta negara Islam lainnya untuk menunjukkan protes yang sama,” ujar menteri tersebut, seperti dikutip oleh kantor berita ISNA.

Iran menarik satu-satunya film yang mengikuti ajang Academy Awards yang berjudul “A Cube of Sugar (Sepotong Gula),” setelah berdiskusi dengan perusahaan produksi film tersebut, ujar Hosseini.

Langkah tersebut mencerminkan kemarahan Iran atas film berbiaya rendah "Innocence of Muslims" yang dibuat oleh suatu kelompok Kristen ekstremis di Amerika Serikat yang mengolok-olok Nabi Muhammad.

Potongan film yang disulihsuarakan ke bahasa Arab dan tersedia di Internet telah memancing protes di banyak negara Muslim, beberapa diantaranya telah memakan korban, termasuk insiden pada September di Libya yang menewaskan duta besar AS dan tiga staf kedutaan.

Beberapa demonstrasi tanpa kekerasan terhadap film tersebut telah terjadi di Tehran.
“Film ini dibuat di Amerika dan Piala Oscar diadakan di sana, dan sejauh ini tidak ada sikap resmi dari negara di mana film tersebut telah dibuat,” ujar Hosseini, seperti dikutip ISNA.

Pada ajang Academy Awards 2012 yang diadakan Februari, film Iran yang berjudul “A Separation (Perpisahan)” memenangkan piala Oscar untuk kategori film berbahasa asing terbaik.

Juru bicara Academy of Motion Picture Arts and Sciences di Los Angeles, yang menyelenggarakan kompetisi tersebut, memberitahu kantor berita AFP: “Kami telah membaca laporan berita, namun belum mengadakan komunikasi langsung dengan komite pemilihan Iran.” (AFP)

Tunjukkan komentar

XS
SM
MD
LG