Tautan-tautan Akses

AS

Protes Ferguson Beralih ke Pedagang


Seorang pemilik toko Jim Bolin dan Mary Sue Patterson membersihkan toko perawatan mobil mereka yang dirusak dalam aksi protes di Ferguson, Missouri, 26 November 2014.

Di Amerika tengah, para pemrotes di pinggir kota St. Louis, Missouri, mengalihkan demonstrasi-demonstrasi mereka ke toko-toko serba ada. Unjuk rasa ini melepaskan kemarahan mereka atas keputusan sebuah dewan juri untuk tidak mendakwa polisi kulit putih Darren Wilson, yang menembak mati remaja kulit hitam tak bersenjata, Michael Brown, Agustus lalu.

Puluhan orang, mulai pada Hari Thanksgiving, Kamis malam (27/11), hingga awal Jumat pagi, datang ke toko-toko serba ada Walmart dan Target sambil berteriak, "Angkat tangan, jangan tembak," sementara polisi menyaksikan aksi mereka.

Hari Jumat (28/11) setelah Thanksgiving adalah hari pertama tradisi berbelanja untuk Hari Natal, ketika kerumunan pembeli menyerbu toko-toko yang menjual dengan harga obral.

Ketegangan tampak mereda hari Kamis di Ferguson, setelah dua malam berlalu dengan kerusuhan dan penjarahan. Penduduk Ferguson di pinggiran kota St. Louis dan lainnya yang ingin membantu, keluar rumah membersihkan pecahan dan puing-puing akibat demonstrasi-demonstrasi yang berlangsung sebelumnya.

Unjuk rasa tersebut menyusul pengumuman dewan juri, yang memutuskan tidak akan menyeret polisi Darren Wilson ke pengadilan karena membunuh Michael Brown.

XS
SM
MD
LG