Tautan-tautan Akses

Protes di Hong Kong Terus Berlangsung


Seorang siswa pro-demokrasi menginap di jalan tempat demo berlangsung di Hong Kong, Minggu, 5 Oktober 2014.

Seorang siswa pro-demokrasi menginap di jalan tempat demo berlangsung di Hong Kong, Minggu, 5 Oktober 2014.

Polisi Hong Kong bentrok dengan para demonstran Minggu pagi (5/10), menggunakan semprotan merica dan pentungan di daerah Mong Kok, wilayah di mana bentrokan antara para mahasiswa pro-demokrasi dan para penentang mereka terjadi sebelumnya.

Sabtu malam (4/10), para pemimpin serikat mahasiswa utama Hong Kong sepakat untuk mengadakan perundingan-perundingan baru dengan pihak penguasa, kalau pemerintah memberikan jaminan perlindungan polisi kepada para demonstran yang mendapat serangan geng di Mong Kok Jumat. Para pemimpin demonstran juga mengatakan para karyawan pemerintah akan diizinkan kembali bekerja, Senin.

Kepala Eksekutif Hong Kong Leung Chun-ying hari Sabtu memperingatkan bahwa akan diambil semua tindakan yang perlu untuk menjamin para pegawai pemerintah bisa masuk kerja di kantor-kantor pekan depan.

Puluhan ribu demonstran berkumpul di luar kantor pusat pemerintah kota itu tidak lama setelah pernyataan Leung, yang menjanjikan akan terus mendorong dilakukannya peranan yang lebih besar dalam memilih para pemimpin mereka. Para pemimpin mahasiswa mengatakan, mereka bersedia membolehkan para karyawan pemerintah kembali ke kantor-kantor mereka, tetapi akan terus menduduki daerah keuangan pusat itu.

XS
SM
MD
LG