Tautan-tautan Akses

Protes atas Penyiksaan Tahanan, Mendagri Georgia Mundur


Para demonstran di Georgia membawa bendera nasional dalam protes atas kasus penyiksaan tahanan di ibukota Tbilisi, Kamis (20/9).

Para demonstran di Georgia membawa bendera nasional dalam protes atas kasus penyiksaan tahanan di ibukota Tbilisi, Kamis (20/9).

Mendagri Georgia mundur di tengah-tengah protes atas dugaan penyiksaan para tahanan yang terekam dalam video dan ditayangkan oleh televisi Georgia minggu ini.

Menteri Dalam Negeri Georgia Bacho Akhalaia mengatakan dalam pernyataannya hari Kamis bahwa ia mengundurkan diri karena secara pribadi ia merasa bertanggung jawab telah gagal memberantas praktek penyiksaan yang "mengerikan" di penjara.

Sebelum menjabat sebagai Menteri Dalam Negeri, Akhalaia adalah pejabat yang bertugas melakukan pengawasan atas penjara-penjara di Georgia.

Pengunduran diri Akhalaia dianggap memenuhi tuntutan para demonstran yang berpawai sejak video pelanggaran itu ditayangkan Selasa malam. Para demonstran menuntut Akhalai untuk mundur.

Presiden Mikhail Saakashvili telah menunjuk pengacara publik Georgia, Giorgi Tugushi, sebagai kepala rumah penjara Georgia. Tugushi berjanji untuk melakukan perubahan radikal dalam sistem penjara,dan melindungi para tahanan dari penyiksaan yang berlanjut.

Ketua Kebijakan Luar Negeri Uni Eropa Catherine Ashton hari Kamis merilis pernyataan bahwa ia "terkejut" melihat rekaman itu, dan menyebutnya "mengejutkan." Ia menyatakan semua negara wajib mematuhi tanpa syarat larangan terhadap segala bentuk penyiksaan atau penganiayaan.
XS
SM
MD
LG