Tautan-tautan Akses

Protes Anti-Tiongkok Kembali Terjadi di Ibukota Vietnam


Sekitar 100 warga Vietnam melakukan unjuk rasa anti-Tiongkok di ibukota Hanoi, Minggu (7/8).

Sekitar 100 warga Vietnam melakukan unjuk rasa anti-Tiongkok di ibukota Hanoi, Minggu (7/8).

100 orang melancarkan aksi protes di Hanoi hari Minggu menentang klaim teritorial Tiongkok atas pulau di Laut Cina Selatan.

Setidaknya 100 orang melancarkan aksi protes hari Minggu di ibukota Vietnam menentang klaim teritorial Tiongkok di Laut Cina Selatan. Aksi ini merupakan unjuk rasa terbaru dalam serangkaian aksi protes anti-Tiongkok di Hanoi dalam dua bulan ini.

Saksi mata mengatakan polisi mengizinkan demonstran berbaris sambil mengibar-ngibarkan bendera, sementara mereka memfilmkan demonstrasi itu dan mengalihkan lalu lintas untuk memungkinkan aksi terjadi.

Aksi protes semacam itu langka di Vietnam yang otoriter, di mana perbedaan pendapat secara terbuka tidak disarankan dan biasanya dijatuhi hukuman.

Tiongkok mengklaim kedaulatan atas keseluruhan Laut Cina Selatan, bertentangan dengan Vietnam, Filipina, Malaysia dan Brunei, yang mengklaim perairan yang dekat dengan pantai mereka. Vietnam dan Filipina mengklaim kapal-kapal angkatan laut Tiongkok telah mengganggu eksplorasi gas alam dan minyak di perairan yang mereka klaim sebagai zona ekonomi eksklusif mereka.

Kawasan itu juga salah satu jalur pelayaran komersial paling padat di dunia.

XS
SM
MD
LG