Tautan-tautan Akses

Tiongkok: Protes Anti-Jepang Tunjukkan Tekad Pertahankan Kedaulatan


Demonstran Tiongkok membakar bendera Jepang dalam aksi protes anti Jepang di depan Kedutaan Jepang di Beijing (15/9).

Demonstran Tiongkok membakar bendera Jepang dalam aksi protes anti Jepang di depan Kedutaan Jepang di Beijing (15/9).

Kementerian Luar Negeri Tiongkok menyerukan agar Jepang memedulikan keberatan rakyat Tiongkok atas rencana Jepang membeli kepulauan yang disengketakan.

Seorang pejabat Tiongkok mengatakan gelombang protes anti-Jepang di Tiongkok akhir-akhir ini menunjukkan kuatnya tekad warga Tiongkok mempertahankan kedaulatan wilayahnya.

Kantor berita Xinhua mengutip jurubicara Kementerian Luar Negeri menyerukan agar pemerintah Jepang memedulikan keberatan rakyat Tiongkok pada pengumuman bahwa Jepang telah membeli kepulauan yang disengketakan di Laut Cina Timur.

Protes mereda hari Rabu sementara pihak berwenang mengirim pesan kepada publik agar tidak berdemo di dekat kedutaan besar Jepang di Beijing. Kedutaan besar Jepang menyatakan tidak memiliki informasi mengenai protes di kota-kota lain Tiongkok.

Para demonstran melakukan protes selama beberapa hari yang sebagian berubah menjadi kekerasan, setelah Jepang pekan lalu mengumumkan akan membeli kepulauan tak berpenghuni itu dari pemilik swasta Jepang.

Kepulauan yang dikontrol Jepang dan diklaim sebagai wilayah Tiongkok itu oleh Jepang disebut Senkaku dan oleh Tiongkok disebut Diaoyu.
XS
SM
MD
LG