Tautan-tautan Akses

AS

Prosedur Keamanan Baru Berlaku untuk Penerbangan Langsung ke AS


Bandar udara LaGuardia di New York. (Foto: Dok)

Bandar udara LaGuardia di New York. (Foto: Dok)

Badan Keamanan Angkutan Amerika mengatakan peralatan yang tidak dihidupkan tidak akan diizinkan masuk dalam pesawat.

Pejabat Amerika mengatakan penumpang pesawat terbang yang menuju Amerika Serikat dari beberapa bandar udara luar negeri akan diharuskan untuk menghidupkan ponsel, komputer laptop dan peralatan elektronika lain, sebagai langkah keamanan baru.

Dalam pernyataan singkat Minggu (7/7), Badan Keamanan Transportasi Amerika mengatakan peralatan yang tidak dihidupkan tidak akan diizinkan masuk dalam pesawat dan penumpang yang membawanya mungkin juga akan menjalani pemeriksaan tambahan.

Pernyataan Amerika itu tidak memberi keterangan pemeriksaan lebih jauh dan tidak mengungkapkan bandara luar negeri yang mana akan melakukan pemeriksaan yang lebih seksama.

Pekan lalu, Menteri Keamanan Dalam Negeri Jeh Johnson mengarahkan TSA atau Satuan Keamanan Bandara untuk melaksanakan langkah-langkah baru itu di bandara-bandara yang mempunyai penerbangan langsung ke Amerika Serikat tetapi keterangan lebih jauh tidak diungkapkan.

Perintah itu dikeluarkan sementara penumpang yang menuju Amerika dari Eropa dan Timur Tengah terus menghadapi prosedur keamanan yang lebih ketat.

Para analis telah mengaitkan langkah baru itu dengan informasi intelijen yang memberi indikasi militan yang berhubungan dengan al-Qaida sedang mengembangkan bahan peledak baru yang dapat dimasukkan ke dalam pesawat tanpa terdeteksi.

XS
SM
MD
LG