Tautan-tautan Akses

Propaganda Korut Banggakan Hulu Ledak Nuklir


Seorang tentara Korsel mengamati penayangan berita terkait pemimpin Korut Kim Jong-un di stasiun kereta api di Seoul, Korsel (9/3).

Seorang tentara Korsel mengamati penayangan berita terkait pemimpin Korut Kim Jong-un di stasiun kereta api di Seoul, Korsel (9/3).

Pemimpin Korea Utara Kim Jong Un, Rabu, mengatakan, negaranya telah mengembangkan hulu ledak nuklir miniatur yang bisa ditempatkan pada misil balistik.

Sementara klaim-klaim tidak bersahabat biasa disampaikan negara yang mengucilkan diri tersebut, ini pertama kalinya pemimpin Korea Utara tersebut menyampaikan pernyataan seperti itu.

Kantor Berita Pemerintah Korea Utara (KCNA) melaporkan, Rabu, Kim bertemu sejumlah ilmuwan dan teknisi nuklir yang memberinya keterangan mengenai riset yang dilangsungkan untuk menempatkan hulu ledak-hulu ledak nuklir pada berbagai misil balistik dan taktis. KCNA juga mempublikasikan foto-foto yang tampak menunjukkan pemimpin Korea Utara itu sedang mengunjungi sebuah fasilitas di mana hulu ledak-hulu ledak itu dibuat.

Foto-foto itu tidak dapat dikukuhkan secara independen dan sejumlah analis militer mengatakan, mereka meragukan klaim Korea Utara tersebut.

Sejumlah pemimpin militer AS pernah mengatakan, Korea Utara memiliki koneksi dan teknologi yang tepat untuk mengembangkan perangkat nuklir yang diperkecil, namun sejauh ini Pyongyang belum menunjukkan kemampuan itu.

Korea Utara menyombongkan kemampuan nuklirnya untuk mendukung usaha Pyongyang yang meningkat dalam mengonter kecaman dunia menyusul ujicoba nuklir keempatnya dan peluncuran roket jarak jauhnya baru-baru ini. [ab/as]

Tunjukkan komentar

XS
SM
MD
LG