Tautan-tautan Akses

Program Talangan Siprus Picu Turunnya Harga Saham Global


Para demonstran Siprus memrotes kebijakan pemerintahan Presiden Nicos Anastasiades di Nicosia hari Senin (18/3).

Para demonstran Siprus memrotes kebijakan pemerintahan Presiden Nicos Anastasiades di Nicosia hari Senin (18/3).

Harga saham di seluruh dunia turun hari Senin (18/3) menyusul program talangan untuk Siprus, yang antara lain mencakup pajak deposito yang membuat para investor marah.

Harga saham di Asia turun 2 persen atau lebih, dengan indeks di Eropa dan Amerika turun dalam jumlah lebih kecil setelah pengumuman kebijakan pajak deposito oleh pemerintah Siprus.

Siprus bertindak untuk mengubah ketentuan-ketentuan pajak deposito yang diberlakukan kreditor internasional sebagai bagian dari program dana talangan 13 miliar dolar yang bertujuan mencegah negara pulau itu bangkrut.

Para pejabat Siprus bekerja sama dengan kreditor untuk menghapus atau mengurangi pajak deposito untuk para investor kecil, sementara menaikkannya untuk deposito besar. Untuk kedua kali berturut-turut parlemen Siprus menunda pemungutan suara mengenai rencana baru, menjadi hari Selasa.

Bank-bank Siprus hari Senin tutup karena hari besar, dan mungkin hari Selasa akan tetap tutup untuk mencegah penarikan simpanan uang.

Menurut ketetapan Eurozone dan Dana Moneter Internasional hari Sabtu, pajak sebesar 9,9 persen akan dikenakan terhadap deposito 131 ribu dolar keatas, sementara deposito di bawah jumlah itu diukenai pajak 6,75 persen.
XS
SM
MD
LG