Tautan-tautan Akses

Program Peremajaan Pasar Tradisional Tahun Ini Makan Biaya Total 100 Miliar

  • Iris Gera

Pemerintah mencatat 13.500 unit pasar tradisional dengan 12,5 juta pedagang di seluruh Indonesia.

Pemerintah mencatat 13.500 unit pasar tradisional dengan 12,5 juta pedagang di seluruh Indonesia.

Pemerintah akan melanjutkan program revitalisasi atau peremajaan pasar tahun ini dengan biaya sekitar 100 miliar dolar.

Hal tersebut disampaikan Menteri Negara Koperasi, Usaha Kecil dan Menengah Syarifudin Hasan di Jakarta, Selasa. Selain akan mendorong perekonomian nasional berbasis kerakyatan, tambah Menteri Syarifudin, program revitalisasi pasar tradisional juga akan melindungi keberadaan pasar-psaar tersebut, yang tetap dibutuhkan masyarakat terutama di daerah-daerah di luar kota besar.

“Di setiap daerah, jarak antara pasar tradisional dan pasar modern sudah diatur jaraknya dengan Perda," ujar Syarifudin, yang berharap peraturan tersebut dapat dijalankan dengan baik untuk menunjukkan keseriusan pemerintah melindungi pasar tradisional.

Program revitalisasi pasar tradisional ini sudah dicanangkan pemerintah sejak 2006. Tapi, menurut anggota Asosiasi Pasar Tradisional seluruh Indonesia, Ngadiran, pelaksanaan program ini masih berjalan lambat. Menurut, program ini belum mampu mengimbangi pesatnya pertumbuhan pasar modern sehingga pasar tradisional semakin ditinggalkan.

“Pemerintah sudah terlalu lambat mengantisipasi merebaknya toko ataupun retail-retail modern. Seharusnya pemerintah menyikapi ini dari sebelum 2000, katakanlah dari tahun 90-an, sudah harus disikapi," kata Ngadiran.

Sepuluh pasar akan dijadikan proyek percontohan dalam program revitalisasi tahun ini di antaranya pasar Cokro Kembang, Kabupaten Klaten Jawa Tengah, pasar Pangururan Kabupaten Samosir, Sumatera Utara dan pasar Agung, Kota Denpasar Bali.

Sejak program revitalisasi pasar tradisional tahun 2006, pemerintah mencatat 13.500 unit pasar tradisional di Indonesia dengan jumlah pedagang sekitar 12,5 juta orang. Pada tahun 2006, pemerintah mengeluarkan dana sebesar 51 miliar dolar untuk revitalisasi 67 unit pasar. Biaya tersebut naik pada tahun 2007 sebesar 107 miliar dolar untuk 75 unit pasar dan tahun 2008 naik lagi menjadi 167 miliar dolar untuk 104 unit pasar. Pada tahun 2009 dan 2010, anggaran digabung menjadi 250 miliar untuk 280 unit pasar tradisional.

Sebelumnya pemerintah juga memberi fasilitas Kredit Usaha Rakyat (KUR) bagi para pedagang di pasar-pasar tradisional dengan target penyaluran tahun ini sebesar 15 triliun.

XS
SM
MD
LG