Tautan-tautan Akses

AS

Produksi TV 'Booming' di New York


Jumlah acara serial TV yang diproduksi di kota New York meningkat tajam. Industri ini menyumbang pemasukan sejumlah $8,7 miliar bagi ekonomi kota New York, sebuah peningkatan sebesar 21 persen selama empat tahun terakhir.

Kompleks Steiner Studios di Brooklyn adalah kompleks produksi film dan TV terbesar di belahan timur AS. Empat puluh sembilan acara serial TV dan kabel diproduksi di New York, sebagian besar di kompleks studio Steiner tersebut. Blue Bloods dan Madam Secretary yang ditayangkan di CBS, Fox’s Empire, dan HBO’s Boardwalk Empire adalah beberapa program yang telah dan masih diproduksi di Steiner Studios.

Bisnis televisi dan film adalah bagian penting dalam ekonomi New York.

“Artinya lapangan pekerjaan," kata Luis Castro, Komisaris Sementara untuk Kantor Walikota untuk Media dan Hiburan. "Pekerjaan dengan bayaran yang bagus bagi warga kelas menengah New York." Diperkirakan sekitar 85.000 orang yang secara langsung atau tidak langsung bekerja di industri tersebut.

"Kota ini adalah tempat bagi bakat yang beragam dan berbeda-beda," kata Castro.

Dan tidak semuanya berasal dari New York.

“Kalau dilihat di kota ini ada tempat-tempat yang ikonik yang tidak bisa ditemukan di tempat-tempat lain. Entah itu Times Square, Central Park ataupun Financial District. Tempat-tempat ini hanya ada di kota New York dan mengundang banyak pengunjung.”

Jaman keemasan

Doug Steiner memulai Steiner Studios 11 tahun lalu menggunakan kredit pajak kota dan negara bagian. Ia menegosiasikan penyewaan jangka panjang dari kota New York untuk sebuah kawasan yang dulu merupakan Navy Yard Brooklyn tua, yang didirikan oleh Thomas Jefferson pada tahun 1800-an.

Steiner Studios saat ini seluas 28.000 meter persegi dan sedang diperluas ke lahan seluas 28.000 meter persegi menambah lokasi yang diperlukan untuk produksi acara TV.

“Kita sedang berada dalam masa keemasan TV secara nasional,” kata Steiner pada VOA. “Semua orang ini menjadi HBO baru. Orang dengan bakat-bakat besar kini tertarik masuk ke TV, daripada film."

Salah satu alasannya adalah banyaknya kesempatan. Dari Amazon hingga Netflix, "banyak cara yang bisa digunakan untuk menonton acara serial TV tersebut," ujarnya.

Steiner memiliki tujuan agar New York bisa menggantikan Los Angeles sebagai pusat "segala hal terkait media."

“Saya pikir bisnis ini harus dikuasai New York," tambahnya.

Sekolah TV

Ada banyak permintaan untuk spesialis televisi dan film di New York, yang menyebabkan Steiner Studios memiliki sekolah sendiri di kompleksnya. Part of the city university system, Barry Feirstein Graduate School of Cinema yang merupakan bagian dari sistem universitas kota tersebut adalah universitas dengan program film pertama yang terletak lokasi produksi TV dan film dan universitas perfilman pertama di New York.

Sutradara Hollywood yang sangat dihormati, Jonathan Wacks, adalah otak di balik Feirstein. Wacks mengatakan keadaan universitas tersebut cocok untuk siswanya.

“Ini cara siswa berada di tempat di mana film diproduksi, di mana para professional bekerja, di mana suasananya tentang produksi film," ujarnya.

“Saya sama sekali tidak harus memaksa mereka belajar,” kata sutradara Sarah Cawley tentang kelas tahun pertama dengan 70 siswa. “Saya harus menuntun mereka dan melatih mereka sesuai dengan prosedur professional, tapi mereka sudah membawa antusiasme yang luar biasa dalam mengerjakan tugas-tugas mereka.”

Kota New York menyumbang sebesar $7 juta untuk program pasca-sarjana state-of-the-art ini, termasuk dana beasiswa yang memadai. Setengah siswanya adalah perempuan. Di kelas pertama ini, sekitar 45 persen siswa berasal dari latar belakang minoritas. Siswa di sekolah ini benar-benar beragam.

Salah seorang penerima beasiswa bermimpi menjadi sinematografer. Ryan Emanuel mengatakan pada VOA, "Alasan saya datang ke sini ke Feirstein adalah untuk mendapatkan pendidikan penuh untuk bisa bekerja baik di rumah produksi independen ataupun studio."

Dan kesempatannya tinggi, karena sekolah itu terletak di studio, dan ia akan mendapatkan kesempatan magang yang bisa lebih meningkatkan kemampuannya dan mendorong karirnya. [dw]

XS
SM
MD
LG