Tautan-tautan Akses

Pria Peminum Kopi Lebih Kecil Resiko Terkena Kanker Prostat

  • Art Chimes
  • Zefanya Rampengan

Semakin banyak bukti ilmiah yang menunjukkan manfaat minum kopi secara teratur bagi kesehatan.

Semakin banyak bukti ilmiah yang menunjukkan manfaat minum kopi secara teratur bagi kesehatan.

Menurut hasil penelitian, pria yang minum enam cangkir kopi per hari lebih rendah 60 persen kemungkinannya terkena kanker prostat.

Sebuah studi baru mendapati bahwa pria yang sering minum kopi lebih kecil kemungkinannya terkena kanker prostat. Ini adalah studi terbaru yang menunjukkan manfaat salah satu minuman favorit di dunia.

Studi itu menyertakan sekitar 50.000 pria yang melaporkan kebiasaan mereka minum kopi dalam kuesioner setiap 4 tahun. Selama lebih dari dua dekade, pria yang minum kopi dalam jumlah sedang berkurang kemungkinannya untuk terkena semua jenis kanker prostat. Tapi penulis utama studi itu, Kathryn Wilson dari Harvard School of Public Health mengatakan perbedaan yang nyata muncul saat para periset melihat kanker prostat yang paling serius.

Wilson mengatakan, "Pria yang minum enam cangkir kopi atau lebih per hari kemungkinannya terkena kanker prostat mematikan lebih rendah 60 persen dibanding pria yang tidak minum kopi. Kami melihat penurunan resiko ini baik dalam kopi biasa maupun kopi bebas kafein."

Kopi adalah ramuan kimia yang kompleks, penuh antioksidan serta senyawa lain yang mungkin mempengaruhi perkembangan kanker prostat.

Kanker prostat adalah kanker yang paling umum pada kalangan pria di seluruh dunia, membunuh sekitar 250 ribu orang setiap tahun.

Menurut Wilson, tidak jelas komponen apa dalam kopi itu yang mungkin mengurangi resiko kanker prostat. Ini lah yang menjadi sasaran riset mendatang.

Sementara ini, katanya, masih terlalu dini untuk mengatakan bahwa pria harus minum kopi lebih banyak untuk mengurangi resiko terkena kanker prostat yang agresif. Tapi dia mengemukakan bahwa semakin banyak bukti ilmiah yang menunjukkan manfaat kopi bagi kesehatan.

Wilson menambahkan, "Kopi tidak membahayakan dalam hal penyakit jantung atau stroke, dan tampaknya memberi perlindungan untuk kanker hati. Kopi juga dikaitkan dengan berkurangnya resiko diabetes tipe dua. Jadi saya pikir semakin banyak bukti bahwa kopi tidak berbahaya dan mungkin bermanfaat bagi beberapa kondisi kesehatan. Ini memberi kelegaan bagi orang yang banyak minum kopi."

Kathryn Wilson dan koleganya di Harvard School of Public Health menerbitkan hasil studi mereka mengenai kaitan minum kopi dan jenis kanker prostat yang mematikan dalam "Journal of the National Cancer Institute" edisi online.

XS
SM
MD
LG