Tautan-tautan Akses

AS

Pria New York Ditahan atas Tuduhan Rencanakan Serangan Malam Tahun Baru


Polisi New York melakukan pengamanan di kawasan Times Square, Manhattan, New York.

Polisi New York melakukan pengamanan di kawasan Times Square, Manhattan, New York.

Seorang pria New York dituduh berencana membunuh warga sipil pada Malam Tahun Baru atas nama kelompok Negara Islam (ISIS).

Departemen Kehakiman Amerika mengatakan pihak berwenang telah menangkap seorang penduduk negara bagian New York yang dituduh berencana membunuh warga sipil pada Malam Tahun Baru atas nama kelompok Negara Islam (ISIS).

Sebuah pernyataan mengatakan dalam penampilan pertama di pengadilan Kamis pagi orang itu, Emanuel L. Lutchman, berusia 25 tahun, dituduh berusaha memberikan bantuan materi kepada ISIS.

Menurut dokumen pengadilan, pernyataan itu mengatakan, "Terdakwa mengaku bahwa atas arahan seorang anggota ISIS di luar negeri, merencanakan untuk melakukan serangan bersenjata terhadap warga sipil di sebuah restoran atau bar yang terletak di daerah Rochester, New York."

Asisten Jaksa Agung Amerika John Carlin mengukuhkan bahwa rencana serangan itu akan dilaksanakan hari Kamis, tetapi mengatakan, "Untungnya, penegak hukumturun tangan dan menggagalkan rencana maut Lutchman itu."

Agen terkemuka FBI di negara bagian New York Barat , Adam Cohen, mengatakan bahwa meskipun rencana malam tahun baru digagalkan, biro itu "tetap prihatin tentang orang-orang di luar negeri yang menggunakan Internet untuk memberi inspirasi kepada orang-orang di Amerika untuk melakukan tindakan kekerasan di tempat mereka tinggal."

Berita penangkapan tersebut tersiar setelah ada laporan dari seluruh dunia bahwa tindakan keamanan diperketat di banyak kota untuk melindungi perayaan Tahun Baru. [sp/ds]

XS
SM
MD
LG