Tautan-tautan Akses

Pria China Mendarat dengan Balon Udara di Pulau Sengketa


Balon udara di Laut China Timur dekat kepulauan Senkaku yang disengketakan China dan Jepang (2/1).

Balon udara di Laut China Timur dekat kepulauan Senkaku yang disengketakan China dan Jepang (2/1).

Seorang pria China menghantam laut ketika berusaha mendaratkan balon udara panas di kepulauan yang disengketakan oleh China dan Jepang.

Penjaga pantai Jepang telah menolong seorang pria China yang menghantam laut ketika berusaha mendaratkan balon udara panas di kepulauan yang disengketakan oleh China dan Jepang.

Petugas mengatakan Kamis (2/1) mereka mendapati Xu Shuaijun kira-kira 20 kilometer sebelah selatan kepulauan Laut China Timur. Penjaga pantai mengatakan ia tidak cedera dan dialihkan ke sebuah kapal patroli China.

Pria berusia 35 tahun itu berangkat dari provinsi Fujian, China, Rabu, tetapi para pejabat mengatakan ia mengirim permohonan pertolongan beberapa jam kemudian, tampaknya setelah menghadapi angin kencang.

Dalam beberapa tahun ini, beberapa aktivis China dan Taiwan telah berusaha mencapai kepulauan itu untuk membuat pernyataan politik, tetapi telah dihalangi oleh pihak berwenang Jepang yang menguasai daerah tersebut.

Kepulauan tidak berpenduduk itu, yang dinamakan Senkaku oleh Jepang dan Diaoyu oleh China, telah mengganggu hubungan kedua negara selama puluhan tahun, tetapi sengketa itu telah memburuk dalam tahun-tahun terakhir.
XS
SM
MD
LG