Tautan-tautan Akses

AS

Pria Asal Ohio Hadapi Tuduhan Terorisme


Abdirahman Sheik Mohamud (kiri) berbicara dengan pengacaranya dalam sidang di Columbus, Ohio (25/2). (AP/Andrew Welsh-Huggins)

Abdirahman Sheik Mohamud (kiri) berbicara dengan pengacaranya dalam sidang di Columbus, Ohio (25/2). (AP/Andrew Welsh-Huggins)

Ia dikabarkan berlatih bersama teroris di Suriah dan kembali ke Amerika Serikat dengan maksud untuk melancarkan serangan terhadap sebuah penjara militer Amerika.

Seorang pria dari Ohio yang bepergian ke Suriah tahun lalu menghadapi tuduhan terorisme karena kabarnya berlatih bersama teroris di Suriah dan kembali ke Amerika Serikat dengan maksud untuk melancarkan serangan terhadap sebuah penjara militer Amerika.

Abdirahman Sheik Mohamud dari Colombus, Ohio, didakwa oleh dewan juri federal hari Kamis.

Departemen Kehakiman Amerika mengatakan Mohamud kembali dari Suriah dengan maksud untuk menyerang pangkalan militer di Texas dan “membunuh 3 atau 4 tentara Amerika gaya eksekusi.”

Mohamud pergi ke Suriah April 2014, tempat ia mendapat latihan “menembak, senjata, menerobos masuk ke rumah-rumah, bahan peledak dan pertempuran tangan dengan tangan,” kata dakwaan tersebut.

Tetapi sebelum menggunakan latihannya untuk bertempur di Suriah, dakwaan itu mengatakan, Mohamud diinstruksikan oleh seorang ulama untuk kembali ke Amerika dan melakukan tindak terorisme.

“Mohamud mencari dan memperoleh latihan teroris di Suriah,” kata Jaksa Amerika Carter M. Stewart. “Sekembalinya di Amerika Serikat, ia membicarakan pelaksanaan tindakan-tindakan di Amerika Serikat.”

Mohamud yang kelahiran Somalia adalah warga Amerika yang dinaturalisasi. Saudaranya, Abdifatah Aden Mohamud, tewas dalam pertempuran sebagai lasykar Front al-Nusra di Suriah bulan Juni lalu.

Mohamud semula ditangkap atas tuduhan terorisme negara-bagian bulan Februari. Sekarang ia akan dipindahkan ke tahanan federal.

Anggota Kongres Michael McCaul, ketua Komisi Keamanan Dalam-Negeri, mengatakan hari Kamis. “Penangkapan ini menunjukkan ancaman yang serius kita hadapi dari para jihadist Amerika yang pulang.”

Dakwaan terhadap Mohamud adalah salah satu dari beberapa kasus belakangan ini melibatkan warga Amerika yang berusaha pergi ke luar negeri untuk bertempur di Suriah.

XS
SM
MD
LG