Tautan-tautan Akses

Presiden Venezuela Alami Komplikasi Pasca Bedah di Kuba


Presiden Venezuela Hugo Chavez (Foto: dok).

Presiden Venezuela Hugo Chavez (Foto: dok).

Presiden Venezuela Hugo Chavez telah menderita komplikasi baru setelah menjalani pembedahan kanker di Kuba.

Berbagai komplikasi baru yang dialami Presiden Hugo Chavez seusai operasi kanker membuat para sekutu terdekatnya hari Senin menghimbau rakyat Venezuela agar berdoa bagi presiden. Ini mencerminkan gambaran yang semakin muram dan memicu spekulasi tentang bisa-tidaknya pemimpin yang sakit-sakitan itu sembuh.

Wakil Presiden Nicolas Maduro tampak letih dan berbicara dengan wajah serius dalam pidato televisi hari Minggu dari Havana. Ia mengumumkan Presiden Chavez kini menghadapi “sejumlah komplikasi baru” akibat infeksi pernafasan hampir tiga minggu seusai pembedahannya.

Ruas jalan-jalan di Caracas heboh hari Senin dengan pembicaraan mengenai perjuangan Chavez yang semakin berat untuk pulih, sementara berita tersebut mengisi halaman pertama surat-surat kabar di Venezuela.

Konser Malam Tahun Baru, yang tadinya akan diselenggarakan pemerintah di pusat kota Caracas menampilkan band-band populer Venezuela, dibatalkan akibat kondisi Chavez.

Pemimpin Venezuela itu belum tampil di depan umum sejak pembedahannya ke-empat terkait kanker tanggal 11 Desember, dan para pejabat pemerintah mengatakan ia mungkin tidak bisa pulang sebelum pelantikannya untuk masa jabatan enam tahun berikutnya.

Jika Chavez meninggal atau tidak mampu meneruskan jabatan, konstitusi Venezuela mengatakan pemilu baru harus digelar dalam 30 hari.

Chavez yang berkuasa sejak tahun 1999 terpilih lagi dalam pemilihan presiden bulan Oktober lalu.
XS
SM
MD
LG