Tautan-tautan Akses

Presiden Sementara Mesir Angkat Pakar Hukum untuk Amandemen Konstitusi


Presiden sementara Mesir, Adly Mansour telah memilih pakar-pakar hukum untuk mengamandemen konstitusi (Foto: dok).

Presiden sementara Mesir, Adly Mansour telah memilih pakar-pakar hukum untuk mengamandemen konstitusi (Foto: dok).

Presiden sementara Mesir telah memilih pakar-pakar hukum untuk mengubah konstitusi yang telah dibekukan oleh tentara bulan ini dengan menyingkirkan presiden Islamis Mohamed Morsi.

Dalam dekrit yang dikeluarkan hari Sabtu (19/7), presiden sementara Adly Mansour mengangkat 10 hakim dan guru besar hukum yang akan diberi waktu satu bulan untuk menyusun rancangan amandemen konstitusi, sebagai bagian dari jadwal untuk mengembalikan Mesir ke pemerintahan demokratis. Panel itu akan bertemu untuk pertama kalinya hari Minggu.

Mohamed Morsi meratifikasi konstitusi Mesir bulan Desember, setelah dewan yang terdiri dari tokoh-tokoh Ikhwanul Muslimin menyusun konstitusi, yang kemudian disetujui dalam referendum yang dicemari kenyataan rendahnya jumlah pemilih yang memberikan suara.

Kaum liberal dan independen Mesir umumnya memboikot referendum itu, dan menuduh kaum Islamis mengabaikan masukan dari mereka dan berusaha merampas hak sipil mereka. Para penentang konstitusi melakukan protes masal menentang Morsi bulan ini, yang membuat tentara menyingkirkan Morsi dan mengangkat Adly Mansour sebagai presiden sementara.
XS
SM
MD
LG