Tautan-tautan Akses

Presidan Obama akan Kunjungi Kapal Utama AL Filipina


Kapal Angkatan Laut Filipina BRP Gregorio Del Pilar (PF 15) terlihat tengah merapat ke pelabuhan Manila, 23 Agustus 2001 (Foto: dok).

Kapal Angkatan Laut Filipina BRP Gregorio Del Pilar (PF 15) terlihat tengah merapat ke pelabuhan Manila, 23 Agustus 2001 (Foto: dok).

Presiden Obama akan menaiki kapal buatan Amerika, Gregorio del Pilar, tidak lama setelah tiba di Manila untuk menghadiri pembicaraan perdagangan tahunan para pemimpin Asia Pasifik, Selasa (17/11).

Presiden Amerika Barack Obama hari Selasa (17/11) akan mengunjungi kapal utama Angkatan Laut Filipina, kata Gedung Putih, dalam usaha menonjolkan janji Amerika membela keamanan maritim kawasan itu.

Presiden Obama akan menaiki kapal buatan Amerika Gregorio del Pilar tidak lama setelah tiba di ibukota Filipina Manila untuk menghadiri pembicaraan perdagangan tahunan para pemimpin Asia Pasifik, termasuk presiden China Xi Jinping.

“Sore harinya, presiden akan meninjau BRP Gregorio del Pilar,” kata pernyataan Gedung Putih hari Senin dalam rincian rencana Obama untuk kunjungan tiga hari pertama di Manila, ibukota Filipina.

Para staf Obama sebelumnya mengatakan presiden merencanakan satu acara yang mempertunjukkan “bantuan keamanan maritim Amerika untuk Filipina dan kawasan itu.”

Pernyataan Gedung Putih itu menjelaskan tempatnya, di mana kapal frigat itu dipilih sebagai lambang, karena kapal itu merupakan bekas kapal Pengawal Pantai Amerika yang diperoleh Filipina tahun 2011.

Langkah Obama itu berisiko membuat marah China, yang sedang tersangkut dalam perselisihan wilayah di Laut China Selatan dengan Filipina dan beberapa negara tetangganya yang lain di Asia. [gp]

XS
SM
MD
LG