Tautan-tautan Akses

Presiden China Awali Kunjungan Kenegaraan Pertama ke India


PM India Narendra Modi (kanan) dan Presiden China Xi JInping melambaikan tangan kepada media, setibanya di sebuah hotel di Ahmadabad, India, Rabu (17/9).

PM India Narendra Modi (kanan) dan Presiden China Xi JInping melambaikan tangan kepada media, setibanya di sebuah hotel di Ahmadabad, India, Rabu (17/9).

Presiden China Xi Jinping tiba di Ahmedabad, Gujarat, negara bagian di bagian barat India, yang merupakan kota kampung halaman Perdana Menteri India Narendra Modi, hari Rabu (17/9).

Presiden China Xi Jinping telah memulai lawatan kenegaraannya yang pertama ke India. Lawatan ini dimaksudkan untuk meluaskan hubungan perdagangan antara kedua negara kuat Asia itu.

Presiden Xi tiba hari Rabu (17/9) di Ahmedabad di Gujarat, negara bagian di barat, yang merupakan kota kampung halaman Perdana Menteri India Narendra Modi. Kedua pemimpin itu akan membahas berbagai isu.

Gujarat juga menjadi lokasi di mana cukup banyak dari keseluruhan investasi China ditanamkan di India, termasuk yang disebut sebagai “kota cerdas” pertama yang sedang dibangun di negara itu.

Para pejabat India berharap akan menarik lebih banyak lagi investasi China semacam itu untuk membantu mengimbangi defisit perdagangan yang lebih banyak banyak menguntungkan pihak China.

Menjelang lawatan itu, Xi menulis editorial di "The Hindu" untuk memuji hubungan China-India sebagai salah satu hubungan paling dinamis dan menjanjikan dalam abad ke-21.

Hubungan China-India tegang akibat perselisihan lama mengenai perbatasan mereka di Himalaya, serta sikap saling curiga mengenai bangkitnya kekuatan pihak lain.

XS
SM
MD
LG