Tautan-tautan Akses

Presiden Yaman Pecat Beberapa Tokoh Rezim Lama


Presiden Yaman, Abed Rabbo Mansour Hadi (Foto: dok).

Presiden Yaman, Abed Rabbo Mansour Hadi (Foto: dok).

Presiden Yaman yang baru terpilih memecat beberapa tokoh rezim lama dan saudara dari mantan pemimpin negara itu dalam perombakan militer besar-besaran hari Jumat (6/4).

Dalam sebuah pernyataan, Presiden Abed Rabbo Mansour Hadi mengatakan, empat gubernur dan lebih dari selusin jenderal militer diberhentikan untuk memberi tempat kepada para pejabat baru.

Langkah yang diambil Presiden Yaman Abed Rabbo Mansour Hadi ini dimaksudkan untuk menunjukkan bahwa ia memenuhi janji reformasi dan tidak seperti pendahulunya yang tersingkir.

Perombakan ini berlangsung menyusul munculnya kekhawatiran yang kian berkembang bahwa mantan presiden Ali Abdullah Saleh sedang menggunakan para pendukung setianya untuk merusak lebih jauh kestabilan negara itu. Langkah itu juga berlangsung sementara ratusan ribu warga Yaman turun ke jalan-jalan, Jumat, menuntut agar Hadi memecat para pejabat militer yang merupakan kerabat Saleh.

Di antara mereka yang dipecat termasuk sejumlah kerabat Saleh, seperti saudara tirinya yang menjadi komandan Angkatan Udara dan keponakannya, yang memimpin satuan pengawal presiden. Selama pemerintahannya sebagai presiden yang lebih dari 30 tahun, Saleh menempatkan kerabat dan orang-orang yang setia pada dirinya pada jabatan-jabatan keamanan penting.

Hadi juga memecat ipar laki-laki dari anak perempuan Saleh yang selama ini memimpin perusahaan distribusi produk minyak, yang banyak dianggap sebagai kontributor bagi kekayaan pribadi mantan presiden itu.
XS
SM
MD
LG