Tautan-tautan Akses

Presiden Pakistan Zardari Kunjungi India


Perdana Menteri India Manmohan Singh (kanan) berjabat tangan dengan Presiden Pakistan Asif Ali Zardari di New Delhi (8/4).

Perdana Menteri India Manmohan Singh (kanan) berjabat tangan dengan Presiden Pakistan Asif Ali Zardari di New Delhi (8/4).

Presiden Pakistan Asif Ali Zardari berada di India hari ini (8/4) dan bertemu Perdana Menteri India Manmohan Singh di New Delhi.

Kunjungan Presiden Zardari adalah kunjungan resmi pertama ke India yang dilakukan oleh Kepala Negara Pakistan sejak tahun 2005.

Berdiri disamping Perdana Menteri Singh pada hari Minggu, Presiden Zardari mengatakan kepada wartawan bahwa kedua pemimpin itu membahas semua isu bilateral penting. Dan bahwa ia berharap Pemimpin India akan segera berkunjung ke Pakistan.

Singh mengatakan kedua negara harus mencari cara damai untuk mengatasi perbedaan mereka.

Kedua negara yang memiliki senjata nuklir tersebut sedang berusaha menormalisasikan hubungan menyusul serangan teror tahun 2008 di kota Mumbai, India.

India telah menyatakan keprihatinan mengenai keamanan dan meminta Pakistan agar menunjukkan keseriusan dalam menangani kelompok-kelompok teroris. India telah menuduh kelompok militan Laskar E-Taiba mendalangi serangan di Mumbai.

Hafiz Saeed, tersangka otak serangan Mumbai itu, beroperasi secara terbuka di Pakistan. Pekan lalu, Amerika menjanjikan hadiah 10 juta dolar untuk penangkapan Saeed.
XS
SM
MD
LG