Tautan-tautan Akses

Presiden Pakistan Asif Ali Zardari akan Kunjungi India


Presiden Pakistan President Asif Ali Zardari (Foto: dok).

Presiden Pakistan President Asif Ali Zardari (Foto: dok).

Presiden Pakistan Asif Ali Zardari akan mengunjungi India pekan depan dan bertemu dengan Perdana Menteri India Manmohan Singh.

Pertemuan yang dijadwalkan tanggal 8 April itu merupakan kunjungan yang pertama kepala negara Pakistan ke India sejak tahun 2005.

Zardari akan bertemu Singh di New Delhi untuk jamuan makan siang sebelum mengunjungi sebuah tempat suci bagi seorang tokoh Sufi yang sangat dihormati di kota Ajmer, India, dalam kunjungan satu hari itu.

Pakistan mengatakan negara itu berencana akan memperbaiki hubungan perdagangan dengan saingan lamanya, India, sebelum akhir tahun ini.

November lalu, Kabinet Pakistan menyetujui usulan yang memberi India status perdagangan istimewa. Status tersebut menghapuskan bea impor dan memungkinkan kedua negara untuk melakukan perdagangan dengan persyaratan yang sama.

Perdagangan tahunan antara kedua negara bertetangga itu ditaksir bernilai kira-kira 2 milyar dolar. Para pakar ekonomi mengatakan penghapusan bea impor tersebut akan meningkatkan perdagangan lintas perbatasan menjadi lebih dari 6 milyar dolar.

Perdamaian yang berkelanjutan antara kedua negara bersenjata nuklir itu sangat penting bagi kestabilan Asia Selatan.

Hubungan antara Pakistan dan India telah lama tegang. Kedua negara telah berperang tiga kali sejak merdeka dari jajahan Inggris tahun 1947.
XS
SM
MD
LG