Tautan-tautan Akses

Presiden Zambia Dirawat Para Dokter Deplu AS di New York


Presiden Zambia Michael Sata saat menyampaikan pidato di Chongwe, 60 kilometer sebelah timur Lusaka, 17 Mei 2014 (Foto: dok).

Presiden Zambia Michael Sata saat menyampaikan pidato di Chongwe, 60 kilometer sebelah timur Lusaka, 17 Mei 2014 (Foto: dok).

Presiden Zambia Michael Sata erada di New York untuk menghadiri pertemuan tahunan para pemimpin dunia dalam Majelis Umum PBB, dimana ia semula dijawalkan berpidato hari Rabu (23/6).

Polisi di New York mengatakan Presiden Zambia Michael Sata dirawat oleh para dokter Departemen Luar Negeri Amerika di hotelnya pekan ini, tetapi tidak dimasukkan ke rumah sakit. Belum ada keterangan lebih lanjut mengenai keadaannya saat ini.

Sata berada di New York untuk menghadiri pertemuan tahunan para pemimpin dunia dalam Majelis Umum PBB, dimana ia semula dijawalkan berpidato hari Rabu.

Ia tidak jadi menyampakan pidatonya di badan dunia yang beranggotakan 193 negara itu.

Presiden berusia 77 tahun itu tidak terlihat oleh umum selama hampir tiga bulan sebelum ia menghadiri pembukaan parlemen Zambia pekan lalu.

Pada awal pidatonya di Lusaka, Sata dengan bergurau mengatakan kepada badan legislatif itu, “saya tidak mati.”

Keprihatian mengenai kesehatan Sata telah memuncak di Zambia sejak ia pergi ke Israel untuk perawatan medis bulan Juni, kemudian ia menghilang dari penglihatan umum.

XS
SM
MD
LG