Tautan-tautan Akses

Presiden Yaman Sebut Pemberontak Houthi Boneka Iran


Presiden Yaman Abd-Rabbu Mansour Hadi (kiri) bertemu Presiden Mesir Abdel Fattah al-Sissi di Sharm el-Sheikh, Mesir (27/3). (AP/MENA)

Presiden Yaman Abd-Rabbu Mansour Hadi (kiri) bertemu Presiden Mesir Abdel Fattah al-Sissi di Sharm el-Sheikh, Mesir (27/3). (AP/MENA)

Presiden Yaman Abd-Rabbu Mansour Hadi menuduh Iran menyebabkan krisis regional dan melanggar kedaulatan Yaman.

Presiden Yaman Abd-Rabbu Mansour Hadi menyebut para pemberontak Houthi Syiah yang telah merebut banyak wilayah negara itu sebagai “boneka Iran,” dalam sebuah KTT Liga Arab yang dibuka Sabtu (28/3) di resor Sharm el-Sheikh di Mesir.

Merujuk pada pemberontak yang didukung Iran itu, Hadi mengatakan, “Saya katakan kepada boneka Iran… kamulah yang menghancurkan Yaman dengan ketidakdewasaan dalam berpolitik.” Dia menuduh Iran menyebabkan krisis regional dan melanggar kedaulatan Yaman.

Iran membantah tuduhan bahwa negara itu mendanai dan melatih Houthi.

Sementara itu, Arab Saudi mengatakan Angkatan Laut-nya mengevakuasi 86 diplomat asing dari Aden, kota utama di sebelah selatan Yaman, sebelum dimulainya serangan udara pimpinan Saudi terhadap target-target Houthi hari Kamis. Pesawat-pesawat tempur melancarkan serangan hari ketiga berturut-turut Sabtu.

Situasinya tegang di Aden, yang telah dikepung pemberontak. Kantor berita Prancis, mengutip seorang pejabat kesehatan Yaman, mengatakan sedikitnya 61 orang telah tewas dan 203 terluka dalam pertempuran tiga hari di Aden antara para pemberontak Syiah dan milisi Sunni yang setia kepada Hadi.

XS
SM
MD
LG