Tautan-tautan Akses

Presiden Yaman Kembali ke Negaranya dari Pengungsian di Arab Saudi


Presiden Yaman Abdu Rabbu Mansour Hadi saat menghadiri KTT Negara-negara Arab dan Amerika Selatan di Riyadh, Arab Saudi (11/11).

Presiden Yaman Abdu Rabbu Mansour Hadi saat menghadiri KTT Negara-negara Arab dan Amerika Selatan di Riyadh, Arab Saudi (11/11).

Dalam beberapa bulan ini, anggota lain pemerintahan Presiden Yaman Abdu Rabbu Mansour Hadi telah beroperasi dari Aden, tetapi Hadi tetap di Arab Saudi sementara koalisi terus melakukan serangan terhadap Houthi.

Presiden Yaman Abdu Rabbu Mansour Hadi kembali ke negaranya hari Selasa (17/11) untuk kedua kalinya sejak serangan laskar Houthi memaksanya melarikan diri ke sekutunya Arab Saudi bulan Maret.

Hadi tiba di kota belabuhan Aden, Yaman selatan, di mana ia juga melakukan kunjungan singkat bulan September lalu.

Houthi merebut Aden delapan bulan lalu setelah maju ke selatan dari ibukota, Sana’a. Tetapi serangan mereka mendatangkan serangan udara dari koalisi yang dipimpin Saudi dan perlawanan dari darat oleh pasukan pro-pemerintah yang kemudian memukul mundur Houthi dari kota itu.

Dalam beberapa bulan ini, anggota lain pemerintahan Hadi telah beroperasi dari Aden, tetapi Hadi tetap di Arab Saudi sementara koalisi terus melakukan serangan terhadap Houthi.

Pertempuran itu telah menewaskan ribuan orang, banyak dari mereka kaum sipil, dan telah mengakibatkan apa yang disebut PBB krisis kemanusiaan di negara itu. [gp]

Tunjukkan komentar

XS
SM
MD
LG