Tautan-tautan Akses

Presiden Venezuela Tuntaskan Kemoterapi Putaran Pertama


Pastor Mario Moronta (kanan) mendoakan kesembuhan bagi Presiden Hugo Chavez dalam acara misa di Caracas, Venezuela (12/7).

Pastor Mario Moronta (kanan) mendoakan kesembuhan bagi Presiden Hugo Chavez dalam acara misa di Caracas, Venezuela (12/7).

Hugo Chavez belum mengatakan apa jenis kanker yang ia derita dan tidak jelas berapa lama ia akan berada di Kuba kali ini.

Presiden Venezuela mengatakan ia "berhasil" menuntaskan kemoterapi putaran pertama.

Dalam hubungan telepon yang disiarkan langsung di televisi pemerintah hari Jumat, Hugo Chavez mengatakan ia sedang bersiap menjalani kemoterapi putaran kedua untuk "benar-benar mematikan dan mengenyahkanā€¯ semua sel kanker.

Presiden berusia 56 tahun ini menjalani perawatan di Kuba setelah operasi baru-baru ini untuk membuang tumor. Chavez belum mengatakan apa jenis kanker yang ia derita dan tidak jelas berapa lama ia akan berada di Kuba kali ini. Bulan lalu Chavez menjalani operasi di pulau itu untuk membuang apa yang pejabat-pejabat katakan bisul di daerah pinggulnya.

Setelah MPR menyetujui perjalanannya, Chavez mendelegasikan sejumlah kewenangannya kepada Menteri Keuangan Jorge Giordani dan Wakil Presiden Elias Jaua. Ia menolak seruan oposisi agar untuk sementara menyerahkan kursi kepresidenan kepada wakil presiden selama ia pergi.

Awal pekan ini, Menteri Keuangan Giordani dalam acara di televisi pemerintah mengatakan walau sakit, Presiden Chavez akan kembali mencalonkan diri untuk pemilihan tahun depan.

Chavez telah memerintah negara Amerika Selatan itu sejak tahun 1999. Ia telah menyatakan kepada rakyat Venezuela ia berniat tetap berkuasa di negara itu.

XS
SM
MD
LG