Tautan-tautan Akses

Presiden Venezuela Nasionalisasi Perusahaan Baja Lokal


Presiden Venezuela Hugo Chavez. (Foto: Dokumentasi)

Presiden Venezuela Hugo Chavez. (Foto: Dokumentasi)

Presiden Hugo Chavez hari Minggu mengumumkan pengambilalihan Sidetur, perusahaan baja swasta terbesar Venezuela.

Presiden Venezuela Hugo Chavez menasionalisasi perusahaan baja swasta terbesar di negara itu, ini terbaru dalam beberapa pengambilalihan belakangan ini.

Presiden Chavez hari Minggu mengumumkan pengambilalihan perusahaan Sidetur. Perusahaan yang secara resmi dikenal sebagai Siderurgica de Venezuela SA, memproduksi sekitar 40 persen dari batang baja yang digunakan untuk konstruksi di negara kaya minyak itu.

Dalam pernyataannya di televisi, Presiden Chavez mengatakan pemerintah akan membayar kompensasi yang adil atas pengambilalihan.

Dalam beberapa pekan belakangan, presiden Venezuela telah memerintahkan nasionalisasi perusahaan pemasok pertanian terkemuka dan produsen gelas Owens-Illinois Inc yang berbasis di Amerika.

Pemimpin beraliran kiri ini telah banyak menasionalisasi perekonomian Venezuela sejak ia merebut kekuasaan tahun 1999, katanyan ia ingin memperbaiki kehidupan warga Venezuela yang mayoritas miskin.

Tetapi para pengecam mengatakan kebijakan itu menakut-nakuti para investor dan akan menghambat Venezuela keluar dari resesi.

XS
SM
MD
LG