Tautan-tautan Akses

Presiden Venezuela Hugo Chavez Telah Dioperasi di Kuba


Seorang warga Venezuela memegang boneka Presiden Hugo Chavez dalam doa massal untuk kesehatan Chavez di Caracas. (Foto: Reuters)

Seorang warga Venezuela memegang boneka Presiden Hugo Chavez dalam doa massal untuk kesehatan Chavez di Caracas. (Foto: Reuters)

Presiden Venezuela Hugo Chavez telah menjalani operasi kanker di Kuba dan prosedur kesehatan tersebut dikabarkan berlangsung baik.

Presiden Venezuela Hugo Chavez telah menjalani operasi kanker dan sedang dalam proses penyembuhan di sebuah rumah sakit di Havana, Kuba.

Wakil Presiden Venezuela, Nicolas Maduro, menyampaikan pengumuman itu Selasa (11/12), dan menambahkan operasi tersebut berhasil dengan baik.

Chavez kembali ke Kuba Senin untuk menjalani operasi kanker lagi, setelah penyakit itu kambuh dan memaksanya menunjuk wakil presiden sebagai pengganti pilihannya jika ia tidak mampu melanjutkan jabatannya.

Kawan dekatnya, Presiden Ekuador Rafael Correa, sebelumnya mengatakan bahwa Chavez sedang menjalani "operasi yang sangat rumit". Presiden Correa, yang berbicara di Ekuador, mengunjungi Presiden Chavez di Kuba Senin.

Chavez, yang terpilih kembali Oktober, mengakui kondisi kesehatannya yang gawat dalam pidato televisi Sabtu malam. Ia mengatakan Wakil Presiden Maduro akan mengambil alih tampuk pimpinan jika ia tidak lagi mampu menjalankan tugas, dan ia mendesak para pendukungnya agar memilih Maduro jika diadakan pemilu.

Pemimpin negara Amerika Selatan itu mengatakan tim medis Kuba memberitahunya bahwa ia benar-benar perlu menjalani operasi lagi.
XS
SM
MD
LG