Tautan-tautan Akses

Presiden Venezuela Chavez Akan Dioperasi Lagi di Kuba


Presiden Venezuela Hugo Chavez (kiri) bersama Wakil Presiden Nicolas Maduro. (Foto: Dok)

Presiden Venezuela Hugo Chavez (kiri) bersama Wakil Presiden Nicolas Maduro. (Foto: Dok)

Presiden Venezuela Hugo Chavez kembali ke Kuba untuk menjalani operasi karena penyakit kankernya kambuh lagi.

Kembali ke Kuba Minggu (9/12) untuk menjalani operasi karena penyakit kankernya kambuh lagi, Presiden Venezuela Hugo Chavez telah menunjuk wakil presidennya sebagai penggantinya kelak apabila ia tidak bisa kembali menjalankan tugas seperti biasa.

Chavez, yang terpilih kembali sebagai presiden Oktober lalu mengakui keadaan kesehatannya yang serius dalam pidato televisi Sabtu malam. Ia mengatakan, Wakil Presiden Nicolas Maduro akan mengambil alih jabatannya kalau ia tidak bisa menjalankan tugas.

Chavez, yang baru saja kembali dari Kuba Jumat mengatakan pemeriksaan medis menunjukkan bahwa sel-sel kanker ganas telah kembali lagi ke bagian tubuh yang sama yang sebelumnya telah dioperasi.

Menurut Chavez, tim medisnya di Kuba mengatakan ia harus segera menjalani operasi lagi.

Chavez sebelumnya ini telah menjalani operasi kanker dua kali di Kuba untuk membuang tumor yang ada pada bagian pinggulnya. Chavez dijadwalkan akan diambil sumpahnya untuk masa jabatan kedua selama enam tahun pada 10 Januari.

Jika ia tidak bisa menjalankan tugas lagi, maka harus diadakan pemilihan presiden baru dalam waktu 30 hari. Chavez telah minta para pendukungnya untuk memberikan suara kepada Maduro.
XS
SM
MD
LG