Tautan-tautan Akses

Presiden Venezuela Bertekad Terpilih Kembali


Presiden Venezuela, Hugo Chavez (Foto: dok)

Presiden Venezuela, Hugo Chavez (Foto: dok)

Pasca pembedahan tumor di panggulnya pekan ini, Presiden Venezuela Hugo Chavez menyatakan komentar pertamanya untuk memenangkan pemilu bulan Oktober.

Rabu malam, Presiden Chavez mengirim pesan twitter kepada rakyat Venezuela yang mengatakan: ”Saya mengirim semua cinta saya yang paling tinggi kepada kalian! Kita akan berjaya dan menang".

Wakil Presiden Elias Jaua mengatakan ia berbicara kepada Presiden Chavez hari Rabu, dan menyebutnya sedang pulih dan bersemangat.

Jaua mengatakan para dokter Kuba mengeluarkan tumor dan daging sekitarnya dari Presiden Chavez hari Senin. Hasil tes pada tumor yang dipotong itu baru akan diketahui beberapa hari lagi.

Keadaan terbaru kesehatan Presiden Chavez telah menimbulkan keprihatinan akan kemampuannya untuk berusaha terpilih kembali dan memimpin pemerintahan.

Wakil Presiden mengatakan Chavez selalu berhubungan dengan para pejabat pemerintah. Presiden belum mendelegasikan wewenang sementara ia dirawat.

Ia berangkat ke Kuba pekan lalu untuk menjalani pembedahan untuk apa yang ia katakan tumor yang kemungkinan ganas. Tahun lalu, Presiden tersebut menjalani pembedahan dan kemoterapi di Kuba untuk mengambil tumor ganas dari panggulnya.

Presiden Chavez telah memerintah Venezuela selama 13 tahun dan berharap akan terpilih kembali untuk masa-jabatan enam tahun bulan Oktober. Saingannya adalah Henrique Capriles yang berusia 39 tahun, pemenang pemilihan pendahuluan oposisi bulan lalu.

XS
SM
MD
LG