Tautan-tautan Akses

Hugo Chavez, Ahmadinejad Bertemu di Teheran


Presiden Iran Mahmoud Ahmadinejad menyambut kunjungan Presiden Venezuela Hugo Chavez di Teheran.

Presiden Iran Mahmoud Ahmadinejad menyambut kunjungan Presiden Venezuela Hugo Chavez di Teheran.

Ahmadinejad menyambut pemimpin Venezuela itu di istana kepresidenannya hari Selasa ini untuk kunjungan yang ke sembilan kalinya.

Presiden Venezuela Hugo Chavez bertemu dengan Presiden Iran Mahmoud Ahmadinejad dalam perundingan yang ditujukan untuk membina hubungan lebih erat antara kedua negara yang tidak bersahabat dengan Amerika Serikat itu. Ahmadinejad menyambut pemimpin Venezuela itu di istana kepresidenannya hari Selasa ini untuk kunjungan yang ke sembilan kalinya.

Media resmi Iran menyebutkan bahwa kedua pemimpin itu berharap "memperkuat hubungan bilateral dalam masalah-masalah perminyakan, gas dan sektor-sektor petrokimia." Kunjungan tersebut merupakan persinggahan yang terakhir dari lawatan internasional 10 hari yang dilakukan oleh pemimpin Venezuela itu.

Chavez merupakan pendukung kuat Iran dalam perseteruannya dengan negara-negara Barat mengenai program nuklirnya. AS dan negara-negara lain menuduh Iran berusaha mengembangkan teknologi nuklir untuk membuat senjata, tuduhan yang disangkal Teheran.

Baik Iran dan Venezuela telah menjadi pencetus apa yang disebut aliansi Hemisfer Selatan, untuk menandingi negara-negara di belahan bumi utara, seperti AS dan Inggris.

Presiden Hugo Chavez sedang melakukan lawatan internasional yang akan berlangsung selama 10 hari. Sebelum ke Iran, Chavez telah mengunjungi Rusia.

XS
SM
MD
LG