Tautan-tautan Akses

Presiden Ukraina Perintahkan Pengibaran Bendera di Slovyansk


Seorang tentara Ukraina berjaga di sebuah pos penjagaan dekat Slovyansk, wilayah Donetsk, Ukraina TImur (Foto: dok).

Seorang tentara Ukraina berjaga di sebuah pos penjagaan dekat Slovyansk, wilayah Donetsk, Ukraina TImur (Foto: dok).

Website presiden Ukraina, Sabtu (5/7) mengatakan kubu separatis pro-Rusia yang direbut April lalu kini berada di tangan pasukan pemerintah setelah pemberontak melarikan diri menyusul bentrokan sengit.

Presiden Ukraina Petro Poroshenko telah memerintahkan tentara agar mengibarkan bendera nasional negara itu di kota Slovyansk, Ukraina timur, setelah adanya laporan-laporan bahwa tentara berhasil merebut kembali wilayah itu hari Jumat.

Website presiden hari Sabtu (5/7) mengatakan kubu separatis pro-Rusia yang direbut April lalu kini berada di tangan pasukan pemerintah setelah pemberontak melarikan diri menyusul bentrokan sengit. Laporan itu belum dikukuhkan.

Sementara itu, sejauh ini belum ada jawaban dari Rusia atau pemimpin separatis Ukraina terhadap permintaan Presiden Poroshenko untuk mengadakan putaran baru pembicaraan hari Sabtu.

Presiden Ukraina mengatakan ia menyarankan waktu dan tempat untuk pembicaraan itu dalam pembicaraan telepon dengan kepala kebijakan luar negeri Uni Eropa Catherine Ashton. Poroshenko mengatakan dia kini menunggu konfirmasi dari Rusia dan pemimpin separatis Ukraina.

Uni Eropa dan Amerika telah mengancam Rusia dengan sanksi lebih jika Moskow dan milisi pro-Rusia di Ukraina timur tidak mengambil langkah-langkah untuk meredakan krisis itu.

Pertempuran telah meningkat sejak Ukraina mengakhiri gencatan senjata sepihak sebelumnya pekan ini.

Tunjukkan komentar

XS
SM
MD
LG