Tautan-tautan Akses

Presiden Ukraina: Perjanjian Damai di Ukraina Timur Tercapai


Tentara Ukraina di kendaraan berlapis baja mereka di kamp dekat Donetsk 2 September 2014.

Tentara Ukraina di kendaraan berlapis baja mereka di kamp dekat Donetsk 2 September 2014.

Kantor Presiden Ukraina Petro Poroshenko mengatakan ia dan Presiden Rusia Vladimir Putin telah menyepakati gencatan senjata di Ukraina timur.

Dalam pernyataan hari Rabu, kantor Poroshenko mengatakan kedua pemimpin mencapai kesepakatan itu dalam percakapan telepon. Pernyataan itu tidak memberikan rincian lain tentang gencatan senjata.

Namun dalam pernyataan terpisah, Kremlin mengatakan Putin dan Poroshenko tidak sepakat mengenai gencatan senjata di Ukraina, dengan mengatakan bahwa Rusia bukan bagian dalam konflik tersebut. Pernyataan itu mengatakan kedua presiden itu membahas cara menyelesaikan konflik itu.

Sebelumnya, juru bicara kepresidenan Rusia mengatakan Putin dan Poroshenko bertukar pandangan dalam percakapan telepon mengenai cara untuk menghentikan "pertumpahan darah" di Ukraina tenggara. Juru bicara Dmitry Peskov mengatakan kedua presiden itu umumnya menyepakati kemungkinan cara untuk keluar dari krisis itu.

Dalam beberapa bulan terakhir, pasukan Ukraina dan pasukan pemberontak pro-Rusia terlibat dalam bentrokan sengit di Ukraina timur. Ukraina mengatakan hari Selasa bahwa 15 tentara Ukraina tewas dalam pertempuran di Ukraina timur sejak Senin pagi.

XS
SM
MD
LG