Tautan-tautan Akses

Presiden Ukraina: Partai Pro-Barat Dominasi Pemilu


Presiden Ukraina Petro Poroshenko memberikan suaranya dalam pemilu parlemen di sebuah TPS di Kyiv (26/10). (Reuters/Shamil Zhumatov)

Presiden Ukraina Petro Poroshenko memberikan suaranya dalam pemilu parlemen di sebuah TPS di Kyiv (26/10). (Reuters/Shamil Zhumatov)

Dua jajak pendapat menunjukkan blok Petro Poroshenko dan partai-partai pro-Eropa lain mendominasi pemilu itu.

Presiden Ukraina Petro Poroshenko mengatakan jajak pendapat usai pemungutan suara dalam pemilu parlemen Minggu (26/10) menunjukkan dukungan kuat bagi usahanya untuk reformasi demokrasi dan untuk hubungan yang lebih erat dengan Uni Eropa.

Ucapan presiden pada Minggu malam itu dikeluarkan setelah dua jajak pendapat menunjukkan blok Petro Poroshenko dan partai-partai pro-Eropa lain mendominasi pemilu itu.

Poroshenko mengucapkan terima kasih kepada para pemilih karena mendukung apa yang disebutnya mayoritas pro-Ukraina dan pro-Eropa yang demokratis dan reformis.

Jajak pendapat menunjukkan blok Poroshenko dengan 23 persen suara – jumlah yang sangat kurang untuk mayoritas langsung. Front Rakyat Perdana Menteri Arseny Yatsenyuk menyusul dengan 21 persen.

Walaupun unggul atas partai-partai saingan, Poroshenko dan Yasenyuk mendukung hubungan yang lebih erat dengan Uni Eropa dan keduanya telah berkampanye untuk reformasi yang dipandang luas dibutuhkan untuk menarik negara itu kembali dari ambang kebangkrutan. Pembicaraan koalisi akan dimulai Senin.

XS
SM
MD
LG