Tautan-tautan Akses

Presiden Ukraina Konferensi Telepon Bersama Putin, Merkel, Hollande


Kanselir Jerman Angela Merkel (kiri) Presiden Ukraina Petro Poroshenko, dan Presiden Rusia Vladimir Putin (foto: dok).

Kanselir Jerman Angela Merkel (kiri) Presiden Ukraina Petro Poroshenko, dan Presiden Rusia Vladimir Putin (foto: dok).

Petro Poroshenko hari Minggu (29/6) mengadakan konferensi lewat telepon dengan Presiden Rusia Vladimir Putin, Kanselir Jerman Angela Merkel dan Presiden Perancis Francois Hollande.

Presiden Ukraina Petro Poroshenko yang berupaya melaksanakan rencana perdamaian untuk menyelesaikan konflik dengan kelompok separatis pro-Rusia, hari Minggu (29/6) mengadakan konferensi lewat telepon dengan Presiden Rusia Vladimir Putin, Kanselir Jerman Angela Merkel dan Presiden Perancis Francois Hollande.

Uni Eropa menetapkan tenggat waktu hingga hari Senin bagi Rusia dan kelompok separatis pro-Rusia untuk mengambil sejumlah langkah. Jika tidak dilakukan, Uni Eropa mengingatkan akan memberlakukan langkah hukuman baru terhadap Rusia.

Sebuah pernyataan yang dirilis kantor presiden Ukraina mengatakan Poroshenko menggarisbawahi kesediaan Ukraina untuk mempertahankan gencatan senjata setidaknya hingga Senin sore, tetapi mengutarakan keprihatinannya tentang situasi disana, akibat beragam pelanggaran gencatan senjata oleh kelompok separatis pro-Rusia.

Diskusi Poroshenko dengan Putin, Merkel dan Hollande ini merupakan yang terbaru dari serangkaian upaya yang dilakukan dalam beberapa pekan terakhir, guna menghentikan pertempuran yang berlangsung sejak April lalu dan telah menewaskan lebih dari 400 orang.

XS
SM
MD
LG