Tautan-tautan Akses

Presiden Ukraina Berusaha Peroleh Senjata dari Barat


Presiden Ukraina Petro Poroshenko mengunjungi National Defence University di Kyiv (27/2). (Reuters/Mykhailo Markiv)

Presiden Ukraina Petro Poroshenko mengunjungi National Defence University di Kyiv (27/2). (Reuters/Mykhailo Markiv)

Upaya itu menyusul seruan menteri luar negeri Jerman pekan lalu agar Kyiv jangan diberi senjata untuk melawan pemberontakan yang didukung Moskow selama hampir setahun ini.

Presiden Ukraina Petro Poroshenko, yang berusaha memperoleh bantuan militer Barat untuk mengakhiri pemberontakan pro-Rusia di tanah airnya., telah tiba di Jerman untuk berbicara dengan Kanselir Angela Merkel dan para anggota terkemuka parlemen Jerman.

Keterangan lebih jauh mengenai pembicaraan mereka belum diungkapkan. Tetapi pertemuan hari Senin itu dilakukan setelah seruan menteri luar negeri Jerman pekan lalu agar Kyiv jangan diberi senjata untuk melawan pemberontakan yang didukung Moskow selama hampir setahun ini.

Menteri Luar Negeri Jerman Frank Walter-Steinmeier, berbicara hari Kamis di Washington, mengatakan pemberian senjata demikian kepada Ukraina dapat mengakibatkan konflik itu tidak terkendali.

Ia dan pejabat lain Eropa juga telah memperingatkan Eropa bahwa baik Jerman maupun Perancis tidak akan mendukung setiap tindakan Amerika mengirim senjata.

Para pemimpin Uni Eropa yang akan mengadakan pertemuan pekan ini di Brussels diperkirakan akan meninjau kembali sanksi ekonomi yang dikenakan terhadap Moskow atas bantuannya bagi pemberontakan itu, yang telah menelan lebih dari 6000 korban jiwa.

XS
SM
MD
LG